SMK BINA PUTRA sudah mengadakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) menggunakan komputer atau bisa disebut (Computer Base Test). Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya. Sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Biasanya peserta bisa mengerjakan dan melihat butir soal dari nomor pertama sampai dengan terakhir. Singkat kata sistem CBT ini ujiannya menggunakan komputer yang sudah dilengkapi dengan software ujian dan tidak menggunakan kertas lagi.

ANDA yang sudah terbiasa dengan proses wawancara pekerjaan mungkin sudah memiliki tips dan trik sendiri agar bisa melalui proses tersebut dengan mudah dan mengakhirinya dengan kesuksesan. Meski demikian, banyak juga pencari kerja yang merasa kesulitan menghadapi sesi interview dengan perusahaan.

Artikel satu ini diharapkan bisa membantu Anda yang sudah berpengalaman dan memberikan masukan serta saran yang tepat bagi Anda pencari kerja yang baru saja mulai menjalani proses wawancara.

1. Tonjolkan kekuatan

 Yang perlu diperhatikan adalah ketika wawancara berlangsung selalu tunjukkan sikap tegas, berani dan tentunya penuh percaya diri. Jangan takut untuk membuat kesalahan dan hadapi semua pertanyaan yang ada sejujur dan sebenarnya, tanpa menambah-nambahkan atau melebih-lebihkan kenyataan.

2. Pantang menyerah

Saat wawancara berlangsung, terkadang pihak HR atau user akan menanyakan pertanyaan yang berat dan terbilang sulit untuk dijawab. Jika hal tersebut terjadi, jangan menyerah dan putus asa, berikan jawaban sebaik-baiknya dan terima semua risiko atas jawaban tersebut. Anggaplah semua proses berat saat wawancara tersebut sebagai pelajaran yang dapat dikoreksi di wawancara lainnya.

3. Tunjukkan minat Anda

 Ketika hendak menjalani proses wawancara pekerjaan, pastikan Anda memiliki kepercayaan diri dan harapan tinggi akan mendapatkan pekerjaan yang diincar. Tunjukkan minat Anda kepada user dan pihak HR sebesar mungkin dan pastikan Anda mampu menjadi pekerja yang fokus, rajin dan siap untuk mengerjakan semua tugas yang ada.

4. Siapkan pertanyaan

 Di akhir wawancara, biasanya pihak HR atau user akan bertanya kepada Anda jika ada yang ingin diketahui lebih lanjut. Agar pertanyaan Anda terlihat baik dan lugas, persiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang ingin Anda lontarkan, agar tidak memberikan kesan terlalu tergesa-gesa dan tidak fokus.

5. Ucapkan rasa terima kasih

 Anda merupakan kandidat yang beruntung terpilih oleh perusahaan untuk bertemu dan mendapatkan peluang sebagai kandidat mengisi posisi yang tersedia. Untuk itu usai wawancara ungkapkan rasa terima kasih secara langsung kepada pihak HR dan user, kemudian sebagai susulan, kirimkan e-mail sebagai rasa terima kasih lanjutan atas kesempatan yang telah diberikan kepada Anda.

Pelajar SMK Bogor Ciptakan Moli Berbahan Bakar Sinar Matahari

 

BJ Online BOGOR – Pelajar di Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Negeri 2 Kota Bogor berhasil menciptakan sebuah mobil listrik berbahan bakar sinar matahari (solar system) dengan memanfaatkan barang bekas. Mobil listrik (moli) karya anak bangsa di SMKN 2 Kota Bogor ini dinamai Smart City yang diharapkan dapat menjadi mobil nasional di masa mendatang.

Guru Pembimbing di SMKN 2 Kota Bogor, Abdul Rahman mengatakan, ide awal inovasi pembuatan mobil listrik bertenaga sinar matahari ini dilatarbelakangi keperdulian para siwanya terhadap lingkungan sekitar.

 

“Kita melihat di sekeliling kita ini banyak sekali barang-barang bekas yang sebetulnya itu masih dapat dimanfaatkan. Terlebih lagi sampai saat ini masih sedikit orang yang mampu memanfaatkan energi sinar matahari yang bersinar selama 12 jam itu untuk digunakan dalam industri otomotif,” ujarnya, ditemui dalam acara Gebyar Pelajar SMK tahun 2016, di Kota Bogor, Rabu (27/4).

Rahman menjelaskan, Smart City karya pelajar di SMKN 2 Kota Bogor ini selain berfungsi sebagai sarana alat transportasi ramah lingkungan juga berfungsi sebagi generator pembangkit listrik berjalan. “Moli ini sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga energy solar system yang tidak terpakai secara otomatis akan tersimpan pada baterai dan itu dapat kita gunakan sebagai generator listrik berjalan,” jelasnya.

Untuk membuat moli para pelajar SMK 2 Bogor memerlukan waktu selama 2 sampai satu bulan. “Kalau soal waktu perakitannya itu tergantung dari dana dan ketersediaan barang-barang yang diperlukan. Kalau semuanya itu siap paling 2 minggu juga sudah beres,” ujarnya.

Pembuatan Moli Smart City, diperlukan dana sekitar Rp4 jutaan per unitnya. Moli karya pelajar SMKN 2 Kota Bogor ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 kilo meter/jam. Sedangkan kekuatan pemakaian baterainya bisa bertahan hingga 6 jam. “Kalau kendala sejauh ini tidak ada, hanya saja kita justru kesulitannya dari sisi dananya,” ungkapnya.

Para siswa dan guru di SMKN 2 Bogor sangat berharap pemerintah atau pihak-pihak terkait lain ikut perduli dan mau membantu para pelajar SMK di Bogor dalam melakukan inovasi teknologi, khususnya untuk mengambangkan mobil listrik bertenaga surya karya mereka itu. “Harapan kami tentu apa yang telah menjadi inovasi kami ini bisa dilirik pemerintah atau pihak lain yang kemudian mau menjadi seponsor kami dalam mengambangkan inovasi ini. Impian kami ini suatu saat benar-benar akan menjadi Smart City karya anak-anak bangsa,” harapan mereka. (bas)

sumber:http://bisnisjakarta.co.id

PENGUNJUNG

27445
TodayToday4
YesterdayYesterday6
This_WeekThis_Week68
This_MonthThis_Month170
All_DaysAll_Days27445

LOGIN